Tips membeli total station bekas / second

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgNv20rx5N6XQ88ZiInoo3TzKJrGDOEL-whWpxOAs-Xwnpl5gKJXjt6rXNoR7RwIz7M-9Os-KcetF3TOHDjIDCOBjzsyLIQ5K4BY0POIMv8VsYhiINtFevkYXG30-oAlZLFaw_C1X4D9xQL/s72-c/ts_pitch_precision_08_12.jpg click to zoom
Harga @ Selamat beraktipitas para senior dan suhu semuanya, semoga sehat selalu. Amin
Kategori Artikel
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Tips membeli total station bekas / second

@
Tips membeli total station bekas / second

Tips membeli total station bekas / second

Selamat beraktipitas para senior dan suhu semuanya, semoga sehat selalu. Amin


Kali ini saya akan berbagi tips untuk yang sedang berencana membeli Total Station bekas / second.

Sebelum masuk ke intinya, terlebih dahulu perkenalkan saya Arif sebagai Penjual Total Station baru dan Bekas sekaligus Teknisi ( Orang yang biasa sehari hari Servis dan Kalibrasi alat Total Station )
Kontak saya : 082244444998

Saya bisa memberikan sedikit tips untuk total station ini karena saya sendiri adalah orang yang biasa bergelut dengan total station, saya biasa servis, kalibrasi, jual Total station, jadi saya bisa membedakan mana total station bekas yang masih bagus atau yang masih bisa diperbaiki dan yang sudah tidak bisa diperbaiki.

Kalau boleh saya sarankan membeli Total Station ini mending sekalian yang baru, kenapa? semuanya pasti sudah tau alasanya kan? betul ada garansi biasanya 1 tahun lah,

Perlu diingat tujuan kita untuk membeli Total Station ini untuk apa? untuk disimpan? atau untuk dipakai kerja? lalu pekerjaan jangka panjang atau jangka pendek? nilai projekan kita berapa? kadang kalo nilai projekanya besar masa ia masih hitung hitungan untuk harga Total Station yang jelas jelas akan menghasilkan uang Miliyaran toh, mungkin sekali projek saya sudah balik modal tuh. he.. Orang yang gak mau ribet dan mempunyai projekan jangka panjang biasanya langsung ke pilihan membeli Total Station baru,

Perlu dipikirkan juga kalu kita membeli total station bekas,

1. Gak ada garansi / tergantung penjualnya, tapi biasanya second garansinya sudah habis
2. kita tidak tahu sampai kapan Total Station tersebut akan bertahan dipakai kerja, kalau yang baru minimal kita mendapat jaminan 1 tahun dan selama dalam kurun 1 tahun tersebut kita aman,
3. Walau bagaimanapun juga Total Station bekas pasti tidak setangguh baru, kalau baru mungkin bodynya masih kinclong, lensanya masih kinclong, belum ada karat, kalo bekas mungkin ada bisa menggambarkanya kan?.. betul kadang ada yang jual bekas tapi masih kinclong tapi itu jarang sekali ya kan? kalo ada saya mau apalagi kalo harganya murah. he

Betul bahwa Total Station baru harganya pasti lebih mahal daripada Total Station bekas, dan halo sudah berurusan dengan duit kita gak bisa apa apa, berikut saya share sedikit tips membeli Total Station bekas / second :

1. BODI : Yang paling pertama biasanya yang dilihat adalah bodinya, mulus apa kaga? hee.. catnya masih bagus atau sudah terkelupas / karat? perlu diketahui bahwa kalo cat nya sudah terkelupas dan berkarat maka kelupasan tersebut akan semakin bertambah. masih mending kalo karat diluar masigh bisa kita lihat, kalo karatnya di dalam bagaimana?

2. AKURASI : Tentang akurasi mungkin bisa anda tes sendiri bagi yang tau caranya yah dan akurasi tersebut harus masuk antuk spesifikasi projek anda tentunya, seperti yang kita tahu bahwa setiap total station mempunyai akurasi bawaan masing masing sesuai spesifikasi setandardnya, beda type total station biasanya beda akurasinya, kalo belum tau sebaiknya bawa orang yang anda percaya dan tau tentang Total Station, lebih bagus lagi bawa alat tersebut ke tempat kalibrasi dan minta di tes akurasinya / dikalibrasi dan nanti tinggal tunggu hasil tes kalibrasinya, bagus / gak bagus anda pasti tau apa yang harus anda lakukan kan?

3. TAHUN PEMBUATAN : Seperti halnya apapun kalo barangnya sudah tua pasti tidak akan tahan lama, betul ga? ini penting, seperti beli mobil kalo sudah tua ada aja masalahnya, dikit dikit minta servis, minta ganti sparepart, Total Station juga sama apalagi sperepart Total Station mahal mahal gan, harus dipikirkan yah? he..

4. KELENGKAPAN : Usahakan kalo membeli Total Station bekas perhatikan juga kelengkapanya, bagus kalo masih lengkap semua, kalo misalkan gak lengkap, itu artinya anda harus membeli kembali kelengkapan yang kurangya, sebaiknya anda tanyakan terlebih dahulu harga untuk alat kekuranganya, karena kelengkapan Acsessories seperti Battrey, Charger, Tripod, Prisma, Pole dll itu kalo baru lbh mahal loh... jadi sebaiknya dikalkulasikan dulu yah sebelum di deal kan. he..

5. HATI HATI BARANG CURUIAN : Untuk yang satu ini saya tidak bisa banyak ngasih tips, mungkin anda bisa cari tahu sendiri, Note : Jarang Orang yang menjual Total Station bekas masih ada surat pembelianya, untuk itu silakan anda pikirkan sendiri, mungkin bisa dibuatkan surat pernyataan diatas matrey kalo barang tersebut bukan curian, itu mungkin bagus juga, lebih baik jaga jaga toh?

Note : Total Station sama dengan alat elektronik lainya seperti Handphone yang menggunakan batre dan charger, kalo sudah lama dipakai Batre bekas pemakaian pasti kapasitas batrenya berkurang.

Sebaiknya anda minta bantuan ke teknisi penyedia Total Station kalau perlu, mungkin akan lebih membantu, seperti halnya beli mobil bekas, akan lebih baik kalo pengecekanya minta tolong atau dibawa ke dealer mobilnya yang anda percaya, hanya memastikan bahwa mobil tersebut masih ok atau kaga.

Itu mungkin sedikit tips dari saya, mudah mudahan bermanfaat,
Mohon maaf bila ada kekurangan, barangkali ada yang mau menambahkan tips lainya yang tidak saya sebutkan silakan komen saja dibawah atau untuk yang perlu bantuan seputar Total Station dilakan kontak saya,

Terimakasih
Arif Rakhman M
082244444998



Komentar